Jumat, 26 November 2010

Tugas Dasar Pemasaran (Analisis Proses Pembelian)

Perubahan gaya hidup dan zaman membuat setiap hari semakin banyak kebutuhan yang mesti dipenuhi bukan hanya kebutuhan fisik dan pokok saja tapi disamping itu semua banyak kebutuhan lain untuk melengkapinya salah satunya kebutuhan rohani. Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang tidak dapat dilihat tapi manfaatnya dapat dirasakan berupa kepuasan batin contohnya agama, rekreasi, hoby dan lain-lain. Kebutuhan yang semakin banyak dirasakan oleh wanita juga, bagi seorang wanita penampilan sangatlah diperhatikan maka dari itu bermunculanlah produk-produk kecantikan seperti contohnya cream pelembab. Pemenuhan salah satu kebutuhan ini menurut saya termasuk ke dalam kebutuhan rohani karena dengan membeli dan memakai produk tersebut menimbulkan kepuasan batin tersendiri bagi yang memakainya misalnya dia akan merasa lebih cantik, putih, lembut atau sebagainya.
Kali ini saya akan menjelaskan tentang proses pembelian cream pelembab. Dimana objek yang diamatinya adalah ibu saya, saya akan menjelaskan proses pembelian yang beliau lakukan untuk mendapatkan produk tersebut. Seperti yang kita ketahui dan pelajari di pelajaran dasar pemasaran awal proses pembelian adalah menganalisa keinginan dan kebutuhan nah langkah awal tersebut telah kurang lebih saya jelaskan sebelumnya dimana kali ini hal yang kita inginkan dan butuhkan adalah cream pelembab. Setelah ibu saya ngetahui apa yang ia butuhkan maka langkah selanjutnya yang ia lakukan adalah menilai beberapa sumber beliau mulai mencari tau tentang cream pelembab dari beberapa merk ia mencari tau dari mulai kegunaan, kelebihan produk tersebut, efek samping, cara penggunaan, dan harga. Pada tahap ini ia mulai menilai produk mana yang kira-kira cocok untuk ia gunakan. Selanjutnya setelah proses itu ia masuk ke proses selanjutnya yaitu menetapkan tujuan pembelian, setelah menimbang beberapa produk cream pelembab dari beberapa merk ia mulai menetapkan produk cream pelembab dari merk apa yang akan ia beli dan gunakan. Berikutnya ia mulai mengidentifikasi alat pembelian apakah akan membelinya dengan mengunakan uang cash atau memalui kartu credit, karena harga produk kecantikan harganya tidak terlalu mahal maka ia lebih memilih mengunakan uang cash untuk proses pembelian. Setelah uang yang akan dibelikan siap dan ada maka hal berikutnya adalah mengambil keputusan untuk membeli, berangkatlah beliau ke toko kecantikan untuk membeli cream pelembab yang telah beliau pilih. Nah begitulah kurang lebih proses dari pembelian dari awal sampai akhir. Setelah itu ada perilaku sesudah pembelian, perilaku sesudah pembelian adalah beliau merasa puas telah memenuhi apa yang ia butuhkan dan memerhatikan perubahan yang diberikan oleh produk tersebut.
Pada paragraph di atas saya telah menjelaskan tahap-tahap dari proses pembelian, dalam proses pembelian ada beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain pengalaman, sikap dan kepercayaan, konsep diri, kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi kecil dan keluarga. Pengalaman dapat menjadi faktor yang mempengaruhi karena terkadang seseorang mengamati orang lain dulu dan mencoba beberapa produk setelah apa yang dia lihat dan rasakan berdasarkan pengalaman pribadi atau orang lain maka ia menjatuhkan pilihan ke salah satu produk. Faktor kedua adalah sikap dan kepercayaan, faktor ini menurut saya adalah kemampuan suatu produk dalam memuaskan konsumen sehingga mendapatkan kepercayaan konsumen dengan begitu produk tersebut karena sudah terjamin kepercayaannya maka banyak di pilih oleh konsumen. Selanjutnya adalah konsep diri, konsep diri adalah sebuah pandangan seseorang pada suatu hal jadi faktor ini berasal dari pengaruh pandangan dan pola pikir dia tentang penilaian terhadap suatu produk tertentu apakah menurutnya produk ini cocok atau tidak untuk ia gunakan. Faktor lainnya setelah faktor-faktor tadi adalah kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi kecil dan keluarga.
Kurang lebihnya begitulah yang bisa saya jelaskan tentang proses pembelian dari mulai tahap-tahapannya hingga faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelian.

Kamis, 25 November 2010

Suasana Kampus E Gunadarma

                                                     (kampus E Gunadarma)
Universitas Gunadarma memiliki banyak kampus salah satunya kampus tempat saya kuliah yaitu kampus E Gunadarma yang berlokasi di jln Akses UI Kelapa Dua  Cimanggis,kelapa dua, Depok. Kampus E merupakan salah satu kampus yang dimiliki oleh Universitas Gunadarma, kampus E memiliki 5 gedung utama dalam mendukung acara perkuliahan. Ketika kita menginjakan kaki di kampus ini kita akan melihat taman yang memiliki pohon yang rindang yang dibawahnya juga disediakan tempat duduk, disini mahasiswa dapat duduk-duduk sambil bersantai atau menunggu temannya selain itu sebelah kiri pintu gerbang ada pos satpam. 
Gedung pertama yang akan kita temui adalah gedung 1, setiap gedung yang ada di kampus ini di hubungkan dengan jembatan penghubung di dalamnya dimana dengan begitu mahasiswa tidak perlu naik turun tangga untuk beralih dari gedung satu dengan gedung yang lainnya.
                                                     (tempat parkir mobil)
Suasana sekitar lingkungan kampus pun nyaman dan rapih, di depan gedung-gedung perkuliahan terdapat tempat parkir mobil dimana mobil-mobil di parkit secara rapih. Selain itu tempat parkiran motornya pun disediakan dengan nyaman dan aman untuk memberi kenyamanan bagi para mahasiswa.
                                                      (tempat parkir motor) 
Dari tempat parkir dan gedung perkuliahan sekarang kita beralih ke taman di dalam lingkungan kampus E. Di taman samping gedung 5 ini mahasiswa dapat duduk bersantai-santai apa lagi di sekitar taman disediakan Internet Lounch disini mahasiswa dapat mengakses internet secara gratis tapi ada batas waktu dan kapasitasnya terbatas. Di depan internet Lounge ada  wall climbing dimana bagi mahasiswa yang hoby panjat tebing dapat menyalurkan hobynya disini.
                                                         (internet Lounge) 
Selain itu kampus E gunadarma juga mempunyai mesjid yang letaknya tidak jauh dari taman, mesjid kampus E tidak jauh berbeda dengan mesjid yang ada di kampus D. Mesjid ini terdiri dari dua lantai dimana lantai atas adalah tempat beribadah untuk wanita dan lantai bawah untuk pria. Disamping mesjid terdapat beberapa tempat makan dan rental dimana tempat ini selalu ramai saat istirahat makan siang.
Kurang lebih begitulah suasana lingkungan sekitar kampus E, kurang lebihnya saya mohon maaf. Dan untuk mengetahui hal lebih detail tentang Universitas Gunadarma dapat di klik disini.

Senin, 22 November 2010

Tugas Dasar Pemasaran (Perilaku Pasar Konsumen)

Perilaku Pasar Konsumen
1.       Siapa                     : saya
Apa                       : laptop
Berapa                   : 1 unit
Kapan                    : lusa
Dimana                  : pusat elektronik terdekat

2.       Mengapa produk tersebut dibeli?
Produk tersebut (laptop) saya beli karena kebutuhan dalam mendukung proses kegiatan belajar saya dengan mempunyai laptop saya tidak perlu pergi ke rental computer untuk mengerjakan tugas. Selain itu dengan membeli laptop lebih praktis karena dapat di bawa kemana-mana jadi saya dapat menggunakannya kapan pun dan dimana pun.
Dengan membeli laptop juga memberi kemudahan untuk saya jika ingin mengoneksikannya dengan jaringan internet atau wireless.

3.       Bagaimana proses pembelian terjadi?
Hal pertama yang harus kita perhatikan jika ingin membeli laptop adalah kapasitas memory dan keunggulan dari laptop tersebut. Kita harus memerhatikan spesifikasi dari laptop yang hendak kita beli, setelah kita tau spesifikasinya harga dan garansi pun mesti kita perhatikan. Setelah itu pergi ke pusat elektronik yang terdekat, setelah kita tiba jangan langsung membeli produk yang kita cari cobalah untuk membandingkan harga antara toko yang satu dengan yang lainnya dan belilah di tempat yang menawarkan harga lebih murah.

Kamis, 18 November 2010

Lirik Lagu Since I Found You, by Christian Bautista

i think of you in everything that i do
to be with you what ever it takes i’ll do
cause you my love, you all my heart desires
you’ve lighten up my life forever i’m alive
since i found you my world seems so brand new
you’ve show me the love i never knew
your presence is what my whole life through
since i found you my life begin so new
now who needs a dream when there is you
for all of my dreams came true
since i found you
your love shines bright
through all the corners of my heart
maybe you are my dearest heart
i give you all i have my heart, my soul, my life
my destiny is you
forever true… i’m so in love with you
since i found you my world seems so brand new
you’ve show me the love i never knew
your presence is what my whole life through
since i found you my life begin so new
now who needs a dream when there is you
for all of my dreams came true
since i found you
my heart forever true…
in love with you..

Lagu-lagu by Christian Bautista mamang romantic dan bikin hati hayut di tambah lagi dengan suaranya yang lembut dan wajahnya yang tampan luar binasa bikin setiap cewe yang liat dia nyanyi pasti pengen bawa pulang hehehe. Salah satunya lagu since I found you ini, salah satu lagu yang romantic dari Chris. Liriknya yang penuh makna dibalut sama suaranya yang indah cocok banget buat di dengerin terutama buat orang yang baru menemukan special one-nya. Buat yang udah tau lagunya pasti kebanyakan dari Anda setuju dengan apa yang saya katakan, bagi yang belum tau lagunya silahkan download disini http://www.4shared.com/audio/JyppBefg/Christian_Bautista_-_Since_I_F.html

Minggu, 14 November 2010

A note, sebuah catatan

Do’a Seorang Wanita tuk Pendampingnya

Ku ingin lelaki yang penakut
Bukan takut pada apapun tapi takut pada Tuhannya
Ku ingin lelaki yang punya rasa iri hati
Iri hati karena ingin mempunyai sifat seperti Rasulnya
            Ku tak ingin lelaki yang mencintaiku
            Tapi lelaki yang mencintai ibunya
            Karena  jika ia mencintai ibunya maka ia akan menghormati wanita
Ku ingin lelaki yang tampan
Tampan akhlak dan budi pekertinya
Ku ingin lelaki yang kaya
Bukan kaya harta tapi kaya akan ilmu
            Wahai Kekasih-ku sepertinya terlalu berlebih harapan hamba-Mu ini
            Tapi satu pintaku berikanlah aku seorang pendamping yang bisa menjadi imam tuk keluargaku
            Amin…
                                                                                               

Jumat, 12 November 2010

Tugas Softskill Ming 6 (Bisnis Interior Dapat Menjadi Ladang Bisnis yang Menguntungkan)


Seperti yang kita ketahui kebutuhan pokok manusia yang sangat penting untuk di penuhi adalah sandang, pangan dan papan. Papan merupakan salah satu hal yang idealnya dimiliki oleh setiap orang maka dari itu bisnis dalam bidang property cukup menjanjikan tapi tidak semua orang dapat menjalankan bidang bisnis ini selain dibutuhkan jiwa kewirausahaan yang kuat dalam manajemen bisnis selain itu bisnis ini juga memerlukan modal yang tidak sedikit. Tapi ada alternative lain yang saya pikir cocok untuk pemula dalam memulai bisnis yaitu bisnis dalam bidang interior.
Interior rumah merupakan hal yang penting untuk membuat suasana rumah lebih nyaman dan indah. Seperti yang kita ketahui jiwa untuk berwirausaha di Indonesia masih sangat rendah hal ini dapat di lihat dari jumlah pengangguran yang masih cukup tinggi, sebagian besar dari calon sarjana kita berpikir setelah lulus akan melamar pekerjaan kemana bukan setelah lulus lapangan pekerjaan apa yang akan saya buat. Nah, menurut saya bisnis dalam bidang interior dapat menjadi salah satu alternative untuk memulai bisnis bagi kita sebagai pemula.
Inspirasi ini saya dapatkan dari rasa ketertarikan saya dalam bidang arsitektur, saya pikir bisnis interior ini dari segi permodalan dapat kita atur yang terpenting dari bisnis ini adalah kreatifitas dan seni kita. Semua barang dapat kita kreasikan bahkan dari bahan dan barang yang tidak terpakai lagi dapat kita ubah menjadi sebuah barang interior untuk menghiasi rumah kita. Selain dari rasa ketertarikan dalam bidang arsitektur yang mendasari saya menyarankan bisnis ini adalah perkembangan zaman yang saat ini semakin modern sedikit banyak membawa pengaruh dalam gaya hidup masyarakat sekarang ini seni dan keindahan mulai menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi  orang-orang berbondong-bondong untuk menghiasi kamarnya, rumahnya, kantornya dan bahkan kendaraan hanya untuk kepuasan batinnya
 Tapi kita harus bisa melihat peluang dan keinginan pasar, pemilihan tempat dan cara pemasaran sangat penting dan wajib diperhatikan pula. Bisnis ini cocok untuk daerah perkotaan selain itu dari segi pemasaran pun dunia maya dapat menajadi salah satu tempat untuk mempromosikan produk kita. Selain itu kita harus dapat membaca selera dan perkembangan pasar pula kita harus mengikuti selera pasar agar produk yang kita hasilkan di minati oleh konsumen. Banyak faktor yang dapat membuat naik atau turunnya bisnis ini semuanya bergantung pada kita kembali dalam manajemen pemasaran. Maka dari itu dalam bidang bisnis banyak sekali hal yang mesti kita kuasai seperti ilmu manajemennya, pemasaran, seni dan manajemen uang (akuntansi). 
Dari apa yang saya pikirkan dan uraikan membuat saya yakin bahwa bisnis interior dapat menjadi salah satu alternative dalam berbisnis. Dari segi keuntungan pun usaha ini cukup menjanjikan. Yang terpenting dalam bisnis ini adalah kemauan dan jiwa untuk berkreasi. Dan bisnis ini pun menjadi salah satu harapan bisnis yang dapat saya jalankan dan kembangkan di masa yang akan datang. Mudah-mudahan apa yang harapkan dapat terlaksana dan artikel ini memberi inpirasi bagi Anda yang membaca.

Rabu, 03 November 2010

Foto-foto Lubang Besar Menganga di Jerman


20 Lubang yang lebih kecil terbentuk di Thuringia setiap tahunnya.
Rabu, 3 November 2010, 08:46 WIB
Arry AnggadhaVIVAnews - Penduduk Kota Schmalkalden, negara bagian Thuringia, Jerman dikejutkan adanya sebuah lubang besar di tengah kompleks pemukiman mereka. Lubang tersebut menyerupai kawah dan memiliki diameter 30 meter dan memiliki kedalaman hingga 20 meter. 

Peristiwa itu menyita perhatian dari warga sekitar. Pihak kepolisian bahkan harus mengevakuasi 25 penduduk yang menempati enam rumah di sekitar lubang besar itu.

Petugas dari badan geologi kota tersebut, Lutz Katschmann, belum dapat memastikan apa penyebab terbentuknya lubang tersebut. Namun kemungkinan besar, ujarnya, lubang terbentuk akibat formasi bebatuan yang terdiri dari batu kapur, batuan garam dan kalsium sulfat yang terkikis oleh air sehingga menciptakan sebuah rongga besar yang berujung kepada longsor.

Katschmann mengatakan bahwa 20 lubang yang lebih kecil terbentuk di Thuringia setiap tahunnya. Dia mengatakan bahwa satu-satunya jalan untuk mangatasi hal ini adalah dengan menambal lubang menggunakan kerikil.

Lubang besar seperti itu bukan hanya terjadi di Jerman. Penduduk di ibukota Guatemala Juni lalu kaget dengan adanya sebuah lubang berdiameter 20 meter dan berkedalaman hampir 30 meter, yang menganga di sebuah perempatan jalan.

sumber : http://dunia.vivanews.com/news/read/186494-foto-foto-lubang-besar-menganga-di-jerman

Senin, 01 November 2010

Tugas Dasar Pemasaran (Lingkungan Luar Makro, Kondisi Perekonomian)

Lingkungan pemasaran adalah suatu totalitas dari kekuatan-kekuatan serta keadaan-keadaan yang mempengaruhi pemasaran dari produk tertentu. Lingkungan pemasaran terdiri dari lingkungan luar makro dan lingkungan luar mikro. Kali ini saya akan membahas tentang salah satu faktor lingkungan luar makro yaitu kondisi perekonomian. Perekonomian adalah kondisi lingkungan eksternal yang berkaitan dengan persoalan keseimbangan penggunaan sumber daya yang terbatas oleh berbagai pihak untuk menjalankan kegiatan produksi.
Adapun indikator-indikator kondisi perekonomian adalah sebagai berikut:
  • Pendapatan per kapita dari masyarakat
dampak : pertumbuhan pendapatan akan mengakibatkan pergeseran terhadap permintaan akan barang  dan jasa yang berbeda-beda
perubahan : hal ini akan membawa perubahan pada permintaan dan pendapatan perusahaan
solusi : sebagai produsen sebaiknya jumlah penawaran dan harga disesuaikan dengan daya beli masyarakat/disesuaikan dengan pendapatan per kapita
  • Saluran Distribusi
dampak : saluran distribusi yang lancar akan memperlancar saluran dari produsen ke konsumen
perubahan : saluran distribusi akan membawa perubahan terhadap efisiensi waktu perusahaan dan konsumen
solusi : kelancaran distribusi harus dijaga oleh pemasar karena jika terjadi hambatan konsumen dapat memilih produk lain yang fungsinya sama sebagai alternative
  • Pertumbuhan Ekonomi
dampak : perubahan ekonomi yang bagus akan mengakibatkan daya beli masyarakat meningkat dan semakin konsumtif, hal ini membawa dampak yang baik bagi perusahaan tapi jika pertumbuhan ekonomi menurun maka akan membawa penurunan juga
perubahan : perubahan pertumbuhan ekonomi berbanding lurus dengan kegiatan pemasaran, jika perubahan ekonominya positive maka kegiatan pemasaran pun akan positive pula
solusi : produsen dan konsumen saling bekerjasama untuk menciptakan kegiatan perekonomian yang stabil dan kondusif
  • Tingkat Kesenangan
dampak : tingkat kesenangan setiap orang berbeda-beda ada yang lebih senang menabungkan uangnya dan ada pula yang lebih senang membelanjakan uangnya semua hal tersebut berdampak pada kegiatan ekonomi
perubahan : perubahan tingkat kesenangan dapat berubah setiap waktu dan banyak faktor yang mempengaruhinya seperti perkembangan zaman dan gaya hidup
solusi : pemasaran harus lebih sensitive dengan apa yang diinginkan konsumen dan mengikuti perkembangan yang up date di masyarakat
  • Inflasi
dampak : inflasi memiliki dampak positive dan dampak negative tergantung parah atau tidaknya inflasi. Apabila inflasi itu ringan, justru mempunyai pengaruh yang positive dalam arti dapat mendorong perekonomian lebih baik, yaitu meningkatakan pendapatan nasional dan membuat orang bergairah untuk bekerja, menabung dan mengadakan investasi. Sebaliknya, dalam masa inflasi yang parah, yaitu pada saat terjadi inflasi tak terkendali (hiperinflasi), keadaan menjadi kacau dan perekonomian dirasakan lesu. Orang menjadi tidak bersemangat kerja, menabung, atau mengadakan investasi dan produksi karena harga meningkat dengan cepat. Para penerima pendapatan tetap seperti pegawai negeri atau karyawan swasta serta kaum buruh juga akan kewalahan menanggung dan mengimbangi harga sehingga hidup mereka menjadi semakin merosot dan terpuruk dari waktu ke waktu.
perubahan : inflasi dapat menbawa perubahan terhadap harga barang-barang di pasar
solusi : dalam menangani inflasi dibutuhkan kerjasama antara pemerintah dan marasyarakat.



sumber : Budiarto Teguh. Dasar Pemasaran Seri Diklat Kuliah Universitas Gunadarma. Jakarta: Universitas Gunadarma. 1993
www.google.com
dan ditambah opini pengarang pribadi