Minggu, 13 Maret 2011

My Life In The 'Kostan'


Masa SMA mungkin memang masa yang menyenangkan dan indah disana ada persabatan, cinta, problema, dilema, ulangan, remedial dan yang paling menakutkan ujian nasional. Tapi seberwarna apapun masa-masa itu tak ada seorang pun yang ingin berlama-lama duduk di bangku SMA karena duduk disana berarti kita yang masih di anggap remaja lah, belum punya KTP, SIM, dan mungkin salah satu hal yang penting ga penting yaitu izin untuk pacaran hehe. Saat dulu duduk di bangku SMA saya dan mungkin bahkan Anda juga ingin segera menanggalkan seragam abu-putih itu dan menuju perguruan tinggi yang kita idam-idamkan. Yang ada di pikiran saat itu adalah meninggalkan SMA dan mengkhayal betapa lebih indahnya dan bebasnya hidup ini jika kita sudah di perguruan tinggi, tak ada lagi seragam yang mesti rapih, sepatu hitam yang standar, potongan rambut yang tak boleh macam-macam, kuku yang mesti selalu bersih dan pendek, dan hal-hal lainnya yang sedikit menyebalkan. Ya itu mungkin sebagian pembuka tulisan saya kali ini, cerita yang sesungguhnya baru akan saya mulai.
Akhirnya hal yang di tunggu-tunggu pun datang lulus dengan nilai dan bagus dan masuk ke perguruan tinggi. Tapi ternyata semua itu tak seindah yang saya bayangkan mungkin memang ada beberapa hal yang menyenangkan seperti kita sudah di beri kepercayaan lebih, bebas mau masuk kuliah ke mau ga ke ga ada guru yang ngomel-ngomel atau guru BK yang manggil tapi ya resiko di tanggung sendiri kalau IP kita jelek karena ga bisa ngerjain soal ujian. Enaknya lagi kuliah itu ga tiap hari, ga mesti pake seragam jadi kita bebas nunjukin gaya kita sendiri. Tapi ga enaknya juga ga kalah banyak, pertama kalau tempat tinggal kita ma tempat kuliah jauh mau ga mau kita mesti angkat kaki dari rumah dan ngekos atau asrama, jangan di pikir hidup ngekos itu enak ga berarti bisa keluar dari rumah semuanya jadi enak jadi bebas ga ada yang bawelin kalau bangun siang, kamar berantakan, kotor dimana-mana, di suruh inilah itu lah. Hidup ngekos itu lebih berat lo, disini bener-bener salah satu proses pendewasaan kita, mau ga mau saat hidup ngekos semua hal kita yang handle sendiri dari mulai manajemen waktu, uang, kehidupan, kuliah dan lain-lain. Pertama kalau kita ngekos mau ga mau kita yang manajemen uang saku kita sendiri, biasanya orang tua transferin uang tiap bulan kalau ga tiap minggu dan itu di batasi dan cukup ga cukup ya kita yang atur sendiri dari mulai uang buat makan, ongkos ke kampus, beli barang-barang kebutuhan sehari-hari, semua kita yang atur dan bagi-bagi. Kedua, manajemen waktu nah sekarang ga bakal ada lagi yang bangunin kita tiap pagi mau ga bangun-bangun ampe ga kuliah juga ga bakal ada yang bangunin jadi kita mesti pinter-pinter manaj waktu juga harus bisa bagi-bagi waktu buat tidur, kuliah, main, dan satu lagi ngerjain kerjaan rumah kaya bersihin tempat tidur, kamar, nyuci, nyetrika dan semuanya. Nah itulah salah satunya yang ga enaknya semua kita yang hendle yang dulunya di rumah yang ga suka bersih-bersih, ga suka nyuci nyetrika nah disini kita mau ga mau ya mesti ngerjain semua hal itu kalau kita banyak duit sih enak nyuci nyetrika tinggal laundry tapi itu ga mendidik kalau menurut gue. Masa yang bener aja kita bawa pembantu dari rumah buat ngerjain itu semua lebai deh. Ketiga, kita juga manaj sendiri kehidupan kita dari mulai pilih temen, bergaul dan semuanya. Ga bakal sama lagi kaya di rumah selalu ada orang tua kita yang ngotrol nah kalau ngekos baik buruknya kita kita yang jalanin dan kita yang nanggung sendiri akibatnya, emang sih orang tua ga begitu aja lepas tangan mereka pasti suka ngotrol kita tapi ga bakal sama kaya di rumah kita bisa aja kan bohong kalau di tanya lagi apa atau sama siapa karena mereka ga tau kan nah ini juga ngelatih kita buat jujur dan proses pendewasaan kita apakah kita udah bisa ngebedain mana yang baik dan yang buruk.
Intinya, emang sih hidup ngekos itu ga enak tapi nikmati aja dan jalanin aja soalnya ini juga hal yang bagus buat kita sendiri, disini kita di ajarkan gimana manaj waktu dan uang, di ajarkan buat mandiri dan handle semuanya sendiri, di ajarkan buat lebih dewasa dalam sikap maupun hati. Ga ada lagi mama yang bisa jadi tempat kita manja-manjaan yang masakin buat kita, yang nyuciin baju kita, yang rapihin baju kita, yang bangunin kita tiap pagi, yang bawel nyuruh kita buat solat, sekarang semuanya kita yang tanggung sendiri. Ini juga ngajarkan buat kita buat lebih bertrima kasih sama orang tua yang udah ngurus semuanya yang kadang-kadang kita ga tau menau gimana susahnya handle semua itu. Jadi apa salahnya hidup ngekos, asal kita tau cara buat semuanya menyenangkan pasti jadi menyenangkan. My live in the kost now J, nikmati aja semuanya. Take it easy guys…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar Anda :