Jumat, 21 Oktober 2011

Kelangkaan dan Hal yang Diakomodir dalam Ekonomi

Tugas 1 : Mengapa ada barang yang langka dan tidak langka?

     Kelangkaan atau scarcity adalah suatu keadaan dimana barang yang diminta sulit untuk diperoleh karena jumlahnya yang terbatas.Barang langka juga disebut barang ekonomi.
    Kelangkaan dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti ketidakseimbangan jumlah barang yang diminta dengan jumlah barang yang tersedia, keterbatasan sumber daya yang membentuk barang tersebut, keterbatasan pengolahan dan jumlah permintaan masyarakat yang meningkat. Contohnya kelangkaan BBM. Hal tersebut bisa disebabkan oleh jumlah pasokan yang tidak seimbang dengan permintaan serta hambatan pengolahan.
     Hal-hal tersebutlah yang menyebabkan adanya barang langka.
Sedangkan adanya barang yang tidak langka disebabkan oleh jumlah permintaan yang lebih sedikit dari ketersediaan barang, serta sumber daya yang melimpah atau jumlahnya bebas dan sangat banyak sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan barang tersebut. Barang ini juga bisa disebut barang bebas contohnya air, udara dan sinar matahari.
    Kelangkaan merupakan salah satu masalah ekonomi yang dihadapi manusia sehingga harus dilakukannya pengolahan atau akomodir sumber daya yang terbatas dengan kebutuhan yang tidak terbatas agar dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Tugas 2 : Apa yang diakomodir dalam ekonomi?

     Ada tiga hal pokok yang diakomodir dalam ekonomi, yaitu : sumber daya, kebutuhan, dan pengolahan. Tiga hal tersebut diakomodir agar dapat memberi kepuasan pada manusia.
    Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sumber daya tidak selalu bersifat fisik, tetapi juga non-fisik (intangible) (wikipedia indonesia). Sumber daya yang tersedia di bumi jumlahnya sangat terbatas sehingga perlu diakomodir agar dengan sumber daya yang terbatas tersebut dapat memenuhi kebutuhan manusia.
    Hal yang kedua yang diakomodir dalam ekonomi adalah kebutuhan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sumber daya yang tersedia terbatas tetapi jumlah kebutuhan manusia tak terbatas. Nah, maka dari itu juga kebutuhan perlu diakomodir agar dapat terpenuhi. Cara mengakomodir kebutuhan adalah dengan membedakan kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah suatu keinginan yang memang diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya jika tidak dipenuhi akan berdampak pada kelangsungan hidupnya. Contohnya manusia membutuhkan makan. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang tidak benar-benar diperlukan oleh manusia dan tidak akan berdampak pada kehidupannya bila tidak dipenuhi. Contohnya manusia menginginkan perhiasan. Jadi intinya kebutuhan memang sesuatu yang harus dipenuhi sedangkan keinginan hanya sesuatu yang dapat memenuhi kepuasaan manusia. Jadi tidak semua keinginan merupakan kebutuhan tapi pasti semua kebutuhan adalah keinginan.
    Yang terakhir adalah pengolahan, pengolahan perlu diakomodir agar kita dapat menjawab masalah pokok ekonomi yaitu what, how dan for whom. Dengan pengolahan sumber daya yang terakomodir dengan baik maka manusia dapat memenuhi kebutuhannya dan menjawab tiga masalah pokok ekonomi.

Mata Kuliah Teori Ekonomi 1 - SMAK04  Dr. Prihantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar Anda :