Jumat, 03 September 2010

Lebaran Sebentar Lagi....

          Lebaran sebentar lagi, tak ada miskin tak ada kaya, semua sama di mata Tuhan.
Tak terasa tinggal kurang lebih satu minggu lagi kita menuju hari kemenangan yaitu Idul Fitri atau lebaran. Semua merasa gembira menyambut hari kemenangan ini dan semua umat muslim bersiap-siap menyambutnya mulai dari menyiapkan mental untuk kembali ke hari yang fitri dengan hati yang bersih dan persiapan-persiapan lainnya untuk menyambut lebaran. Mulai dari kue lebaran, baju baru yang menjadi tradisi di pakai di hari lebaran, ampou, membersihakan rumah agar para tamu nyaman saat bersilahturahmi, masak ketupat dan opor ayam hingga persiapan pulang kampung mulai dipersiapkan.
Semua bergembira semua sibuk mungkin itulah yang dirasakan ketika lebaran hampir datang menghampiri. Semua perjuangan kita selama sebulan penuh dengan menahan rasa dahaga, lapar dan hawa nafsu pun tidak terasa dengan rasa senang dan rasa kemenangan menyambut lebaran. Salah satu tradisi yang ada di Indonesia adalah merayakan lebaran dengan baju baru, sebenarnya tidak harus kita merayakan lebaran dengan baju baru mungkin baju baru disini hanya lah sebuah symbol kembalinya fitrah kita kedalam keadaan bersih seperti kertas yang baru.
Selain tradisi baju baru kita juga punya tradisi lain saat lebaran yaitu mudik. Mudik atau pulang kampung merupakan satu hal yang bisa disebut wajib saat lebaran tiba karena setiap orang pasti ingin merayakan hari kemenangan di tengah-tengah keluarga tercinta. Mulai dari jalur darat, laut dan udara semua di padati dengan para pemudik tak heran saat menjelang lebaran jalanan macet dan semua tarif bis, pesawat dan kapal melonjak karena permintaan yang begitu naik. Biasanya mudik dilakukan beberapa hari sebelum lebaran karena dan kembali lagi ke tempat merantaunya masing-masing beberapa hari setalah lebaran. Meski perjalanan jauh dan jalan yang padat merayap rasa antunsias tidak hilang dari para pemudik. Hal ini berdampak baik bagi ibu kota karena saat lebaran ibu kota nampak lenggang di tinggal mudik para penghuninya.
Baju baru udah, mudik udah kira-kira apa lagi ya yang khas dari lebaran? Oh iya ada tradisi lain yaitu bagi-bagi ampou biasanya saat lebaran semua keluarga besar berkumpul dan para anak melakukan sungkeman pada orang tuanya dan setelah itu biasanya para orang tua membagi-bagikan ampou. Saling salam-salaman, memaafkan dan berbagi itulah cermin dari lebaran. Mengingat semua hal yang khas di hari lebaran membuat saya dan mungkin Anda menjadi semakin tidak sabar untuk menyambut hari yang di tunggu-tunggu itu. Yap betul, betul, betul tak terasa lebaran sebentar lagi....
Siapkan dirumu nyenyambutnya ^_^v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar Anda :