Minggu, 24 Oktober 2010

Tugas Dasar Pemasaran (How Business Are Changing?)

How business are changing? Pertanyaan ini terkadang terlontar di pikiran kita baik pada saat posisi kita sebagai konsumen maupun produsen. Adapun table tentang prilaku konsumen dan produsen yang berhubungan dapat di lihat dari table di bawah ini:
Customer today                                       Company today
Harapan semakin tinggi                           persaingan makin tajam
Informasi semakin lengkap                      margin laba makin turun
Loyalitas rendah                                     tuntutan & orientasi sosial meningkat
Sensetifitas terhadap harga meningkat     trend kekuatan informasi meningkat

Hal-hal di atas adalah faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan dalam berbisnis. Kali ini saya akan membahas salah satu diantara faktor-faktor di atas, yaitu perilaku konsumen yang semakin hari mempunyai harapan yang semakin tinggi.
Seperti yang kita ketahui kebutuhan itu ada karena adanya keinginan atau harapan. Jadi harapan konsumen sangat berpengaruh. Harapan konsumen sekarang ini semakin tinggi hal ini disebabkan oleh  perkembangan zaman dan teknologi yang semakin hari semakin pesat perkembangannya. Dengan zaman yang semakin canggih dan modern membuat konsumen dan perusahaan berlomba-lomba mencari yang terbaik dan menproduksi yang terbaik pula.
Setiap ada sebuah produk baru pasti konsumen menginginkan inovasi-inovasi lainnya yang lebih canggih dan bagus. Seperti contohnya, awalnya handphone hanya bisa untuk menelpon dan mengirim pesan tapi dengan munculnya harapan-harapan yang semakin tinggi dari konsumen mendorong para produsen berinovasi yang berakibat sekarang handphone yang ada dapat melakukan berbagai kelebihan.
Jadi intinya harapan dari konsumen dapat mempengaruhi kegiatan bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar Anda :