Senin, 04 Oktober 2010

Tugas Dasar Pemasaran (Kebutuhan dan Keinginan)

Kebutuhan dan Keinginan, beda apa sama sih?

          Kebutuhan dan keinginan manusia sangat tidak terbatas sedangkan alat pemenuhannya  terbatas. Sebagai manusia pasti kita semua mempunyai keinginan dan kebutuhan akan barang, jasa, dan hal lainnya. Tapi terkadang kita menyamakan kebutuhan dan keinginan, sebenarnya kebutuhan dan keinginan ini merupakan dua hal yang berbeda dan harus dibedakan.
Menurut saya kebutuhan adalah hal yang harus di prioritaskan dari pada keinginan. Kebutuhan adalah sesuatu hal yang jika hal tersebut tidak dipenuhi maka akan berakibat pada tingkat kesejahteraan manusia itu sendiri. Tapi bukan berarti jika kita tidak dapat memenuhi kebutuhan kita maka hidup kita tidak akan sejahtera. Kebutuhan sangat mempengaruhi kelangsungan hidup seseorang, contohnya sebagai manusia kita membutuhkan makanan, tempat tinggal yang layak, pakaian dan lain-lain. Jika hal tersebut tidak terpenuhi maka akan sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup kita.
Sedangkan keinginan adalah suatu hal yang ada setelah kebutuhan itu terpenuhi. Sebagai manusia kita tidak pernah puas akan suatu hal jika satu hal sudah terpenuhi maka muncullah hal-hal yang lain yang di inginkan.
Keinginan adalah segala sesuatu yang dapat memberi rasa kepuasan lebih jika kita memilikinya. Tetapi jika hal ini tidak di penuhi tidak akan berdampak pada kelangsungan hidup seseorang. Karena sifatnya sebagai hal yang memberi kepuasan tambahan maka sebaiknya keinginan di nomer duakan, prioritaskanlah dulu kebutuhan dari pada keinginan.
Tapi bagaimana cara membedakan yang mana kebutuhan dan keinginan, dari definisi di atas kita dapat mengambil contoh Indah membutuhkan handphone untuk kelancaran komunikasinya dengan relasi, keluarga dan sahabatnya maka ia pun membeli sebuah hp tapi dia menginginkan hp yang fitur-fiturnya lengkap seperti di lengkapi kamera, wifi, 3G dan lainnya. Dari kasus Indah ini kita dapat menyimpulkan bahwa kebutuhan Indah adalah sebuah hp karena jika hal itu tidak dipenuhi maka akan berdampak komunikasinya dengan relasi, keluarga dan sahabatnya akan terganggu sedangkan keinginannya adalah hp dengan fitur yang lengkap. Sebenarnya jika menilik dari apa yang dia butuhkan dia dapat memilih membeli hp yang biasa saja karena fokus utama dari pemenuhan barang tersebut adalah untuk alat komunikasi.
Sekiranya hal itu yang dapat saya bahas tentang kebutuhan dan keinginan, semoga bermanfaat.

Referensi, http://www.perencanakeuangan.com/files/KebutuhanVSKeinginan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar Anda :