Senin, 04 Oktober 2010

Tugas Dasar Pemasaran (Market Leader)

SURABAYA – Hewlett-Packard (HP) mengklaim telah mengambil alih posisi market leader pada pasar komputer (PC) di Indonesia dari pesaing utamanya, Acer. Berdasarkan data International Data Corporation (IDC), pangsa HP saat ini 20,6%. Namun, IDC dan Acer mengatakan, data tersebut belum final.
Regional Business Development Director HP Indonesia Rita Panambunan mengatakan, penjualan PC HP terus meningkat dari waktu ke waktu sehingga pangsa pasar PC HP di Indonesia terus meningkat. Peningkatan penjualan itu telah mengembalikan kejayaan HP di pasar PC Indonesia setelah selama dua tahun terakhir ini dikuasai Acer, vendor PC dari Taiwan.
"Data IDC yang terbaru, pada kuartal III/2009, market share HP mencapai 20,6%. Berarti kami resmi menjadi market leader. Data resmi IDC yang terbaru segera keluar," ujar Rita di sela acara paparan produk terbaru HP di JW Marriott Hotel, Surabaya, Selasa (17/11).
Keberhasilan HP merebut dominasi Acer di pasar PC Indonesia, menurut Rita, tak lepas dari ekspansi yang dilakukan raksasa PC asal Amerika Serikat (AS) itu. Ekspansi itu berupa perluasan wilayah pemasaran hingga mencakup kota-kota besar di Tanah Air. Selain itu, HP juga agresif menggelar roadshow di sejumlah kota untuk memperkenalkan dan memasarkan produk PC HP, mulai dari produk untuk segmen kelas bawah (low end), menengah (middle) hingga segmen atas (high end).
Rita yakin, seiring dengan pertumbuhan bisnis HP di Indonesia yang sangat pesat, HP bakal kukuh menjadi pemimpin pasar PC. Penjualan HP di Indonesia tumbuh luar biasa pesat. Di semua daerah, pertumbuhan penjualan PC HP tumbuh berlipat. Di Jawa Timur dan Bali, misalnya, pertumbuhan penjualan PC dan notebook, termasuk mini notebook, tumbuh hingga 16%. Khusus untuk kategori notebook, penjualannya di Jatim dan Bali tumbuh mencapai 38%. Sedangkan di Jateng, pertumbuhan penjualan PC dan notebook HP mencapai 45%. Bahkan, di Sulawesi, pertumbuhan penjualannya menembus level 126%.
"Khusus untuk pasar Jatim dan Bali, pertumbuhan penjualan memang tidak sekencang kawasan lain. Hal ini wajar karena pasar di Jatim sudah mature, karena HP sudah lama masuk Surabaya. Sedangkan di Sulawesi, pasarnya relatif baru, tentu pertumbuhannya sangat signifikan," tutur Rita.
Sementara itu, Associate Analyst Personal Systems IDC Indonesia Andi Handoko mengatakan, IDC hingga kini belum mengeluarkan data final mengenai pangsa pasar PC di Indonesia per kuartal III 2009. Pihaknya baru akan mengeluarkan data final pada awal Desember ini. “Data yang diungkap HP itu bukan data IDC. Oleh karena itu, saya tidak bisa mengkonfirmasi data itu,” kata Andi, Selasa (17/11).
Head Of Marketing Communication Acer Indonesia Helmi Anam juga heran dengan klaim HP itu. “Saya juga baru bicara dengan orang IDC dan mereka mengatakan, itu baru data prelimenary dari IDC, belum final,” kata Helmi.
Menurut Helmi, pada kuartal I dan II 2009, Acer masih menjadi pemimpin dalam pasar PC di Indonesia. Oleh karena itu, kalaupun benar klaim HP telah menjadi market leader pada kuartal III 2009, hal itu hanya terjadi selama tiga bulan terakhir saja, yakni antara Juli-September 2009. “Secara keseluruhan, dalam setahun ini, kami yakin, kami tetap masih menjadi market leader. Yang pasti, untuk notebook, Acer masih nomor satu,” kata Helmi.
Presdir Acer Indonesia Jason Lim beberapa waktu lalu mengatakan, pihaknya masih dan tetap ingin terus merajai pasar PC Indonesia. “Kami tetap ingin mempertahankan posisi nomor satu di pasar PC di Indonesia. Kami sudah menyiapkan strategi-strateginya,” kata Jason Lim di Jakarta, Jumat (30/10).
Salah satu strategi yang ditempuh Acer adalah melakukan langkah multibranding. Selain menawarkan PC bermerek Acer, vendor PC dari Taiwan ini juga menawarkan PC bermerek Gateway dan eMachine. “Kami yakin, strategi multibranding ini akan makin mendongkrak pasar kami di Indonesia,” kata Jason.

Dari artikel di atas dapat dilihat bahwa HP menjadi Market Leader  pasar PC di Indonesia. Market leader merupakan produsen yang menguasai sebagian besar pasar. Biasanya inovasi-inovasi yang dilakukan oleh market leader selalu diikuti oleh pesaing-pesaingnya dengan harapan dapat menarik perhatian pasar yang sama dan merebut posisi sebagai market leader.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar Anda :