Senin, 01 November 2010

Tugas Dasar Pemasaran (Lingkungan Luar Makro, Kondisi Perekonomian)

Lingkungan pemasaran adalah suatu totalitas dari kekuatan-kekuatan serta keadaan-keadaan yang mempengaruhi pemasaran dari produk tertentu. Lingkungan pemasaran terdiri dari lingkungan luar makro dan lingkungan luar mikro. Kali ini saya akan membahas tentang salah satu faktor lingkungan luar makro yaitu kondisi perekonomian. Perekonomian adalah kondisi lingkungan eksternal yang berkaitan dengan persoalan keseimbangan penggunaan sumber daya yang terbatas oleh berbagai pihak untuk menjalankan kegiatan produksi.
Adapun indikator-indikator kondisi perekonomian adalah sebagai berikut:
  • Pendapatan per kapita dari masyarakat
dampak : pertumbuhan pendapatan akan mengakibatkan pergeseran terhadap permintaan akan barang  dan jasa yang berbeda-beda
perubahan : hal ini akan membawa perubahan pada permintaan dan pendapatan perusahaan
solusi : sebagai produsen sebaiknya jumlah penawaran dan harga disesuaikan dengan daya beli masyarakat/disesuaikan dengan pendapatan per kapita
  • Saluran Distribusi
dampak : saluran distribusi yang lancar akan memperlancar saluran dari produsen ke konsumen
perubahan : saluran distribusi akan membawa perubahan terhadap efisiensi waktu perusahaan dan konsumen
solusi : kelancaran distribusi harus dijaga oleh pemasar karena jika terjadi hambatan konsumen dapat memilih produk lain yang fungsinya sama sebagai alternative
  • Pertumbuhan Ekonomi
dampak : perubahan ekonomi yang bagus akan mengakibatkan daya beli masyarakat meningkat dan semakin konsumtif, hal ini membawa dampak yang baik bagi perusahaan tapi jika pertumbuhan ekonomi menurun maka akan membawa penurunan juga
perubahan : perubahan pertumbuhan ekonomi berbanding lurus dengan kegiatan pemasaran, jika perubahan ekonominya positive maka kegiatan pemasaran pun akan positive pula
solusi : produsen dan konsumen saling bekerjasama untuk menciptakan kegiatan perekonomian yang stabil dan kondusif
  • Tingkat Kesenangan
dampak : tingkat kesenangan setiap orang berbeda-beda ada yang lebih senang menabungkan uangnya dan ada pula yang lebih senang membelanjakan uangnya semua hal tersebut berdampak pada kegiatan ekonomi
perubahan : perubahan tingkat kesenangan dapat berubah setiap waktu dan banyak faktor yang mempengaruhinya seperti perkembangan zaman dan gaya hidup
solusi : pemasaran harus lebih sensitive dengan apa yang diinginkan konsumen dan mengikuti perkembangan yang up date di masyarakat
  • Inflasi
dampak : inflasi memiliki dampak positive dan dampak negative tergantung parah atau tidaknya inflasi. Apabila inflasi itu ringan, justru mempunyai pengaruh yang positive dalam arti dapat mendorong perekonomian lebih baik, yaitu meningkatakan pendapatan nasional dan membuat orang bergairah untuk bekerja, menabung dan mengadakan investasi. Sebaliknya, dalam masa inflasi yang parah, yaitu pada saat terjadi inflasi tak terkendali (hiperinflasi), keadaan menjadi kacau dan perekonomian dirasakan lesu. Orang menjadi tidak bersemangat kerja, menabung, atau mengadakan investasi dan produksi karena harga meningkat dengan cepat. Para penerima pendapatan tetap seperti pegawai negeri atau karyawan swasta serta kaum buruh juga akan kewalahan menanggung dan mengimbangi harga sehingga hidup mereka menjadi semakin merosot dan terpuruk dari waktu ke waktu.
perubahan : inflasi dapat menbawa perubahan terhadap harga barang-barang di pasar
solusi : dalam menangani inflasi dibutuhkan kerjasama antara pemerintah dan marasyarakat.



sumber : Budiarto Teguh. Dasar Pemasaran Seri Diklat Kuliah Universitas Gunadarma. Jakarta: Universitas Gunadarma. 1993
www.google.com
dan ditambah opini pengarang pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar Anda :