Kamis, 01 Maret 2012

Rangkuman Jurnal 2

Judul          : Analysis of Comparative and Competitive Advantages in International Trade Between China and Eastern Euroean Economies
Pengarang : Stella XU

Ringkasan :
 
China adalah negara yang paling mendominasi di dalam perdagangan internasional. Bisa dilihat di gambar atas bahwa Tingkat Export China melunjak sampai di tempat paling tinggi sebesar 1,5 Triliun USD disusul juga oleh China dalam Importnya sebesar 1.1 Triliun USD. Sedangkan negara - negara lain seperti Polandia dan Romania tertinggal jauh dibawah dengan besar sekitar 0.25-0.50 Triliun USD.

Data diatas juga menerangkan bahwa perjanjan bilateral China dan Polandia disimpulkan ekspor China ke Polandia sempat mencapai 90 M USD disusul dengan Import China Ke Polandia yaitu 75 M USD.

China sangat berperan besar dalam perekonomian Negara Eropa Timur. Terutama, China sering mengekspor produk tekstil, alas kaki dan the ke Negara – Negara Eropa. Dan juga sekarang, Produk Elektronik China Pemasok Terbesar yang masuk ke Polandia. Kedua Negara perlu meningkatkan kepercayaan di bidang politik, memperluas kerja sama ekonomi dan teknologi, mendorong dua arah investasi serta focus pada sector infrastruktur sebagai penyelidikan konstruksi, peralatan mesin, perlindungan energy dan lingkungan agar kedua Negara bisa mendapatkan hasil yang sangat maksimal.
Teori Ekonomi 2, SMAK04
Dosen : Dr. Prihantoro


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar Anda :