Jumat, 04 November 2011

Price Ceiling and Price Floor

  • Price Ceiling 
Batas harga tertinggi yang ditetapkan oleh pemerintah akan menimbulkan kekurangan (shortage). Hal ini disebabkan oleh jumlah barang yang ditawarkan (supply) lebih sedikit dari jumlah barang yang diminta (demand) Qs<Qd, contohnya pada kurva diatas dapat dilihat bahwa dengan adanya price ceiling maka barang yang ditawarkan sebanyak 100 sedangkan yang diminta sebanyak 190 maka terjadi kekurangan karena jumlah barang yang ditawarkan kurang 90 unit dari yang diminta yaitu 190 unit.
Dengan batas harga tertinggi, pedagang  cenderung untuk lebih sedikit menawarkan barangnya karena harganya di bawah harga keseimbangan pasar jadi ia tidak mendapatkan keuntungan yang lebih besar atau bahkan bisa tidak mendapat untung sama sekali atau rugi. Sedangkan dari sisi permintaan yaitu konsumen (masyarakat) cenderung akan lebih meningkat jumlah permintaannya karena harga yang ditawarkan lebih rendah dari harga keseimbangan pasar.
Kekurangan yang ditimbulkan oleh price ceiling dapat menimbulkan kelangkaan karena jumlah permintaan lebih banyak dari jumlah penawaran. Jika hal ini tidak diatasi dapat menyebabkan munculnya pasar gelap (black market). Tetapi, price ceiling juga bermanfaat untuk menjaga harga tidak terus melambung tinggi, sehingga konsumen tidak kehilangan daya beli. Dari price ceiling ini juga akan memungkinkan terjadinya impor barang dari luar negeri  karena kurangnya pasokan barang dalam negeri.
Setelah menjelaskan batas harga maksimum, kini saya akan menjelaskan batas harga terendah.
  •   Price Floor
Batas harga terendah (price floor) berbanding terbalik dengan price ceiling. Jika price ceiling menimbulkan kekurangan, price floor justru menimbulkan kelebihan (surplus). Hal ini disebabkan oleh jumlah barang yang ditawarkan (supply) lebih banyak dari jumlah barang yang diminta (demand) Qs>Qd, contohnya pada kurva diatas dapat dilihat bahwa dengan adanya price floor maka barang yang ditawarkan sebanyak 180 sedangkan yang diminta sebanyak 90 maka terjadi kelebihan 90 unit barang yang ditawarkan dari yang diminta.
Dengan batas harga terendah, pedagang cenderung untuk lebih banyak menawarkan barangnya karena harganya di atas harga keseimbangan pasar jadi ia mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Sedangkan dari sisi permintaan yaitu konsumen (masyarakat) cenderung akan lebih sedikit melakukan permintaan karena harga yang ditawarkan lebih tinggi dari harga keseimbangan pasar.
Jadi, yang ditimbulkan oleh price floor adalah kelebihan karena jumlah permintaan lebih sedikit dari jumlah penawaran. Jika hal ini tidak diatasi dapat menyebabkan penumpukan barang dan rusaknya harga barang tersebut. Price floor bermanfaat bagi produsen agar melindungi produsen dari kerugian jadi ditentukan batas eceran minimumnya. Dari price floor ini juga akan memungkinkan terjadinya ekspor barang dari dalam negeri  karena lebihnya pasokan barang dalam negeri.

Mata Kuliah Teori Ekonomi 1 - SMAK04 Dr. Prihantoro

1 komentar:

Silahkan beri komentar Anda :